Kamis, 29 Agustus 2013

Indonesia, Beautiful Diversity

"Aslinya mana mbak?"
Pertanyaan itu seharusnya menjadi pertanyaan yang mudah dan singkat saja jawabannya. Tapi buat saya, menjadi sulit untuk menjawabnya. Jadi seringnya saya jawab saja : "Saya orang Indonesia". Eh yang nanya malah ngga puas, pasti melanjutkan pertanyaan. Jadilah obrolan singkat seperti ini .
Penanya : Indonesianya sebelah mana maksudnya mbak? Indonesia kan luas
Saya : Saya tinggal di Jakarta
Penanya : ooo...asli Jakarta?
Saya : maksudnya asli tuch gimana?
Penanya : ya lahir di Jakarta gitu?
Saya : Bukan, saya lahir di Jogja
Penanya : ooo orang Jogja. Tapi kok sampean ngga kayak orang Jawa, mirip orang Sumatera gitu?
Saya : Bapak saya memang orang Sumatera *mulai emosi
Penanya : berarti aslinya ya Sumatera, pinter bahasa sana berarti ya?
Saya : Ngga bisa, saya kan cuma bilang Bapak saya orang Sumatera....*tinggal pergi aja orangnya
Ya, seperti itulah contoh percakapannya, yang membuat saya bingung menjawab pertanyaan "asli mana". Saya memang lahir di Jogja, tapi sudah sangat lama tinggal di Jakarta. Ibu saya orang Jawa, Ayah saya orang Sumatera. Nah silahkan mengartikan sendiri saya ini orang mana...

Mungkin tidak hanya saya yang mengalami kejadian itu, saya yakin banyak teman-teman yang juga seperti saya. Bahkan teman saya lebih ruwet lagi, Ibunya keturunan Jawa-Manado, Ayahnya keturunan Sumatera-Ambon, dia sendiri lahir di Papua, tapi dibesarkan di Jakarta. Nah jadi lebih susah kan menjelaskan asal-usulnya. Jawaban yang pas ya sebut saja orang Indonesia. Bukan salah kita kok kalau seperti itu, salahnya Indonesia kenapa punya daerah yang begitu luas dan suku yang begitu banyak...*halah malah nyalahin Indonesia.

Dari Sabang sampai Merauke ( Gambar dari sini )

Indonesia memang luas kok, daerahnya saja dari sabang sampai merauke. "Dari sabang sampai merauke berjajar pulau-pulau"...*nyanyi-nyanyi sendiri. Saya pribadi baru menginjakkan kaki di sabang, tapi belum pernah ke Merauke, padahal umur saya sudah tua lho..hiks...*malah curhat. Bahkan karena luasnya wilayah Indonesia kita sampai memiliki 3 zona waktu yang berbeda (WIB, WITA, WIT). Keren ya Indonesia. Dari daerah yang begitu luas, wajar saja jika Indonesia terdiri dari beragam suku.  Dan pastinya setiap suku memiliki budaya dan adat yang berbeda. Jangankan yang beda suku, yang satu suku saja bisa punya beberapa logat bahasa dan pakaian khas daerah yang berbeda. Sebut saja suku Jawa ada Jawa Timuran, ada Jawa Tengah, ada Jawa Jogja...dll  (sepertinya masih banyak ragamnya, tapi karena bukan ahli budaya saya tidak bisa menyebutkannya satu persatu).

Selain bahasa dan budaya yang berbeda, makanan khas di Indonesia juga banyak ragamnya, ya itu tadi menyesuaikan daerah masing-masing. Sebut saja rendang dari padang, ikan dabu-dabu dari manado, gudeg dari Jogja dan masih banyak jenis makanan khas Indonesia. Kalau dibikin buku bisa tebel banget mungkin bukunya *yuk monggo siapa yang mau nulis tentang seluruh makanan khas Indonesia termasuk sejarah dan resepnya. Indonesia juga memiliki tipe daerah yang berbeda-beda, ada daerah pegunungan yang sejuk udaranya, ada juga daerah pantai yang cukup terik. Namun semua itu bisa menjadi tempat wisata yang menarik. Sebut saja Gunung Bromo di Jawa Timur, Pantai Kuta di Bali, Pantai Iboih di sabang, Raja Ampat di Papua. Walaupun berbeda-beda tapi semuanya cantik, semuanya Indonesia.

Keanekaragaman yang indah, itulah Indonesia. Hmmm...kenapa tidak dijadikan tagline untuk pariwisata Indonesia saja. Memang benar kan Indonesia itu penuh dengan perbedaan, dari Sabang sampai Merauke  semuanya berbeda. tapi semuanya indah. Indonesia memang kaya, banyak yang kita miliki, walaupun semua berbeda-beda. Justru itulah cantiknya Indonesia, dipenuhi dengan perbedaan. 
" Indonesia, Beautiful Diversity "
Senyum Indonesia yang berbeda-beda ( Gambar dari sini )
10daysforASEAN # Day 3 #


2 comments:

  1. Hahaha saya juga ruwet, katanya suku jawa tapi lahir di lampung, sekarang tinggal di banten, nah saya orang mana? Indonesia pokoknya!

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.

© haafidhanita-forever in love, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena