Senin, 09 September 2013

[2013 Indonesian Romance Reading Challenge] #3 " Istambul with Love"

Judul novel ini yang membuat aku memutuskan membaca buku ini, "Istambul with Love"

Pertama : Istambul , sesuatu yang berbau timur tengah kayaknya menarik, walaupun sebenarnya Istambul ini separoh Eropa dan separo Asia...*baru tau juga setelah baca buku ini..hehe
Kedua : with Love, sesuatu tentang cinta ini pastinya ringan dibaca, unyu-unyu dan bisa bikin senyum senyum. Selain itu masuk ke kategori tema "reading challeng"  yang lagi aku ikutin..hehe..

Berkisah tentang Pia Crystalline yang mengejar cintanya,  Osman, sampai ke negara asal Osman yaitu Turki. Halaman-halaman awal agak sedikit membosankan saat membacanya, karena konflik-konflik yang terjadi baru mulai "panas" di akhir-akhir halaman. Pia dikisahkan sebagai gadis yang manis (Indonesia bangetlah secara fisik) dan tidak terlalu perduli pada penampilan, sangat polos namun sangat menarik perhatian dan juga misterius (kata terakhir ini ditulis sendiri oleh penulis) . Sangat polosnya ini yang menurutku terlalu berlebihan diceritakan oleh penulis. Istilahnya "polosnya kebangetan", tapi mungkin memang ada ya orang kayak gitu. Sedangkan Osman diceritakan sebagai lelaki tampan (khas Timur Tengah ye), yang perhatian, agak sedikit galau dan kurang tegas dalam hal cinta. Perjalanan cinta Pia diwarnai dengan bayang-bayang Beyza, mantan kekasih Osman, yang masih cukup dekat dengan Osman dan juga dekat dengan sahabat Osman. Juga diwarnai dengan beberapa orang yang terlihat tertarik dengan Pia. Tokoh dalam buku ini banyak banget, kadang sampe harus membuka-buka halaman sebelumnya untuk me "refresh" kembali siapa orang itu *gue nya aja kali yang lemot. Selain itu seperti kurang fokus, terlalu banyak tokoh dan cerita dibaliknya. Seperti ingin menuangkan semua ide, tapi hasilnya malah "too much"

Awal membaca novel ini, aku fikir akan menemukan "happy ending". Tapi ternyata akhirnya cukup misterius. seperti menonton kebanyakan film barat, akhirnya "menggantung" (menurutku). Engga seperti yang aku pengen..huhu..*maklum, pecinta film korea yang selalu "happy ending".

Buku ini menceritakan begitu banyak detail tentang Istambul, bahkan terlalu banyak menurutku, seperti sedang membaca tour guide..hehe. Tapi lumayanlah, membuatku jadi tiba-tiba "googling tentang Istambul", apalagi di novel ini banyak dituliskan makanan-makanan khas negara itu, jadi pengen laper bawaannya.. :D. Dalam novel ini ditampilkan beberapa gambar Istambul seperti, bandara sabiha Gokcen, Blue Mosque, Bhosporus, dll. Namun karena dicetak dalam hitam putih, jadi tidak terlalu cantik kelihatannya, istilahnya seperti "ada atau tidak ada gambar itu ngga ngaruh"

Overall...hanya bisa memberikan nilai "lumayan" / "rata-rata" untuk novel ini. Engga tau apa yang harus di edit (bukan editor), tapi menurutku buku ini kurang ceria, tidak seperti judul dan covernya yang terkesan sangat ceria. Namun disisi lain, kurang misterius jika ingin tampil sebagai novel misteri.

Keterangan buku :
Judul : Istambul with Love
Penulis : Putri Indriastuti
Penerbit : DIVA Press
Tebal : 405 halaman
Cetakan pertama : April 2012


0 comments:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

© haafidhanita-forever in love, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena